Header Ads

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Gunung Merbabu berada di Jawa Tengah yang terbagi dalam 3 wilayah, yaitu Kab. Semarang (sisi utara), Kab. Magelang (sisi barat), dan Kab. Boyolali (sisi selatan dan timur). Dari atas gunung dengan ketinggian 3124 mdpl ini, pendaki dapat memandang bebas view gunung Merapi di depan mata dan hamparan bunga Edelweys di sabana gunung Merbabu.

Jalur pendakian Merbabu via Selo
Selain letaknya yang berada di samping gunung Merapi, gunung Merbabu memiliki keindahan sabana yang memikat, terutama jika melewati jalur Selo, Kab. Boyolali. Jalur ini menjadi jalur yang paling ramai setelah tahun 2010-an seiring dengan makin populernya hobi naik gunung.

Jalur selo di tahun 90-an kurang dipilih karena jalurnya yang lebih panjang. Selain itu karena naik gunung belum seramai saat ini, jalur Selo belum terdapat papan petunjuk yang memadai. Pada waktu itu tidak sedikit pendaki yang tersesat karena banyaknya percabangan jalan setapak. Sekarang jalur ini lebih favorit bagi semua kalangan karena pemandangan sabananya juga dan jalurnya yang landai.

INFO JALUR PENDAKIAN

a. Basecamp
  • Sambil mengecek perlengkapan dan bekal di beberapa basecamp yang disediakan warga setempat sebelum memulai pendakian.
  • Pendaki wajib melakukan pos pendaftaran/registrasi di gerbang pendakian sebelum berangkat.
  • Fasilitas : Parkir motor dan mobil, warung yang menyediakan bekal air mineral dan makanan, penjualan cinderamata stiker dan aksesoris, posko SAR Merbabu

b. Pos 1 Dok Malang
  • Ketinggian = 2189 mdpl
  • Menuju ke pos 1 banyak berupa medan landai (bonus).
  • Vegetasi berupa hutan dengan pohon yang masih rapat.
  • Lama perjalanan ke pos 1 : kurang lebih 1 jam
c. Pos 2 Pandean
  • Ketinggian = 2412 mdpl
  • Lama perjalanan Pos 1 ke Pos 2 : kurang lebih 1 jam (jarak sekitar 1 km)
  • Terdapat camp area yang cukup luas untuk belasan tenda.
  • Jalur diawali dengan medan landai, mulai menanjak mendekati sampai Pos 3.
d. Pos 3 Batu Tulis
  • Lama perjalanan dari Pos 2 ke Pos 3 = kurang lebih 45 menit (jarak 600 m)
  • Diawali medan landai. Medan tanjakan berada di pertengahan Pos 2 ke Pos 3. Beberapa tanjakan cukup curam dan licin menjelang sampai ke Pos 3.
  • Pos 3 sudah mulai dipenuhi pemandangan bunga edelweys, dan di sinilah mulai disuguhi keindahan sabana Merbabu, pemandangan gunung Merapi, dan sunrise di sebelah timur.
  • Terdapat camp area yang luas, karena dataran yang rata dan sangat luas.

Camp Area di Pos 3 dengan pemandangan gunung Merapi

e. Pos 4 Sabana 1
  • Ketinggian : 2770 mdpl
  • Lama perjalanan dari Pos 3 ke Sabana 1 kurang lebih 45 menit
  • Jalur menuju sabana 1 adalah medan paling berat karena tanjakannya curam yang paling curam dan licin. Medan tanjakan ini yang paling panjang di antara tanjakan lainnya
  • Hati-hati jika naik pada musim hujan, karena tanjakan ini sangat licin. Sedangkan pada musim kemarau juga licin karena debu.
  • Pergunakan tali dan ranting atau rerumputan untuk berpegangan agar mengurangi kemungkinan terpeleset. Penggunaan track pole akan banyak membantu saat melewati tanjakan.
  • Pemandangan di sabana 1 berupa pemandangan Merapi semakin yang terlihat jelas dan hamparan edelweys.
  • Camp area sangat cukup untuk menampung banyak tenda.
  • Ada potensi badai dan angin kencang di camp area ini, sebaiknya pilih tempat yang dekat dengan pohon untuk mengurangi hembusan angin. Dirikan tenda dengan pasak dan tali yang kuat untuk menjaga tenda tidak roboh.

Tanjakan dari pos 3 menuju Sabana 1

Pos 4 - Sabana 1

f. Pos 5 Sabana 2
  • Ketinggian : 2858 mdpl
  • Waktu perjalanan dari sabana 1 ke sabana 2 kurang lebih 45 menit.
  • Jalur ke Sabana 2 masih berupa tanjakan tanpa bonus, tapilebih ringan dibanding dengan medan dari Pos 3 ke Sabana 1.
  • Pemandangan di Sabana 2 berupa view gunung Merapi yang semakin terlihat jelas dengan keindahan Sabana 1.
  • Camp area sangat cukup untuk menampung banyak tenda.

Pos 5 - Sabana 2

Camp area Sabana 2
Pemandangan Sabana 1 dilihat dari Sabana 2

g. Pos Watu Lumpang
  • Dari Sabana 2 ke Watu Lumpang kurang lebih berjarak 412 meter selama 30 menit.
  • Terdapat 1 buah batu seperti "lumpang" (tempat untuk menumbuk) yang mirip seperti batu di puncak Kentengsongo

Pos Watu Lumpang

h. Puncak
  • Ada 2 jalur untuk menuju puncak, pertama jalur sebelah kiri yang lebih landai dan yang kedua adalah jalur melalui pos Watu Lumpang.
  • Selama perjalanan menjelang puncak, mata pasti akan dimanjakan dengan hamparan Sabana dengan latar gunung Merapi.
  • Sabana 2 juga cocok untuk mendirikan tenda karena space cukup luas. Namun jika cuaca sedang kurang bersahabat, lokasi ini sering terdapat badai gunung.
  • Untuk mencapai puncak kurang lebih 1 – 1,5 jam dari Sabana 2.
Jalur landai namun memutar ke kiri, dari Sabana 2 menuju Puncak

Jalur menanjak lurus menuju puncak
  • Merbabu memiliki beberapa puncak, yaitu Trianggulasi, Kenteng Songo, dan Syarif sebagai puncak utama.
  • Dinamakan Kenteng Songo karena pada puncak ini terdapat beberapa batu "lumpang" (seperti batu untuk tempat menumbuk). Dipercaya bahwa batu itu berjumlah 9 menurut pengamatan spiritual.
Puncak Kentengsongo

Puncak Triangulasi
  • Sedangkan nama Syarif adalah seseorang yang dikenal dengan mbah Syarif  yang menurut kepercayaan warga sekitar adalah orang yang dahulu tinggal di puncak Merbabu. Menurut cerita, mbah Syarif dulunya adalah orang yang dipercaya tinggal di sana dan mengasingkan diri di puncak

ESTIMASI WAKTU DAN JARAK PENDAKIAN

• Basecamp - Pos 1 = waktu 1 jam, 1770 meter
  • Pos 1 Dok Malang - Pos 2 Pandean = waktu 1,5 jam, jarak 930 meter
  • Pos 2 Pandean - Pos 3 Batu Tulis = waktu 45 menit, jarak 600 meter
  • Pos 3 Batu Tulis - Pos 4 Sabana 1 = 45 menit, 648 meter
  • Pos 4 Sabana 1 - Pos 5 Sabana 2 = 45 menit, 323 meter
  • Pos 5 sabana 2 - Puncak = 1 jam 15 menit, 916 meter

PETUNJUK JALAN / TRANSPORTASI MENUJU BASECAMP SELO

a. Dari arah Magelang, Yogyakarta : Start point dari Terminal Tidar → belok kanan di pertigaan setelah lampu merah Canguk, menuju ke arah Kopeng / Keteb→ sampai di pertigaan Keteb belok kanan ke arah Keteb / Selo→ 100 meter setelah obyek wisata Keteb Pass akan sampai di pertigaan, belok kiri untuk menuju ke Selo
→ ikuti jalan sampai bertemu papan petunjuk menuju basecamp Merbabu via Selo, belok kiri di gang menuju basecamp.

b. Dari Semarang, Salatiga : Start point dari Salatiga menuju ke Boyolali, sampai di Bunderan simpang lima Bank Jateng Boyolali belok ke kanan ke arah Selo (terdapat rambu petunjuk arah ke Selo). Perjalanan kira-kira 40 menit untuk sampai di Kecamatan Selo. Basecamp berada di kanan jalan, terdapat petunjuk menuju basecamp Merbabu via Selo.

c. Dari Solo : Dari Solo melalui jalur utama Solo - Boyolali, setelah pasar Boyolali sampai di bunderan simpang lima Bank Jateng Boyolali belok ke kiri ke arah Selo, terdapat rambu petunjuk arah ke Selo. (Sama seperti di atas)

Tambahan Informasi Penting

* Sepanjang jalur pendakian Selo tidak ada sumber air, jadi cukupi kebutuhan bekal air minum anda dari basecamp.
* Area tenda yang luas berada di Pos 3 Batu Tulis, Sabana 1 atau Sabana 2. Sedangkan space di Pos 1 dan pos 2 hanya dapat menampung beberapa tenda.
* Menggunakan track pole akan sangat banyak membantu pada saat melewati medan tanjakan curam.